Kamis, 07 Oktober 2010

Antara Facebook Twitter dan Aku

Semakin berkembangnya internet, banyaknya situs-situs jejaring sosial seperti facebook,twitter,plurk dsb . Di artikel saya ini saya membahas tentang dampak-dampak dari Facebook. Orang memanfaatkan Facebook untuk berbagai kepentingan. Ada yang menggunakan untuk chatting, ajang silaturahmi, mencari teman lama bahkan untuk ajang kampanye. Facebook kian melambung ketika Barack Obama, yang saat itu masih Capres AS, menggunakan Facebook untuk menggalang dukungan dana sekaligus untuk berkampanye. Lewat ajang Facebook tercatat ada 5.338.731 orang yang menjadi sahabat Obama. Dan ternyata, Facebook bisa mengantarkan Barack Obama menduduki kursi Presiden AS.

Sejak Facebook makin meroket, banyak orang yang meninggalkan situs jejaring sosial lainnya seperti Friendster dan mulai beralih ke Facebook. Facebook seolah telah menjadi lambang pergaulan saat ini. Saat ini telah tercatat lebih dari satu juta orang yang terdaftar dalam account Facebook. Jumlah ini masih akan terus bertambah dengan kecepatan yang fantastis, mengingat pada bulan Desember 2008 penggunanya masih sekitar 700 ribu orang. Saat ini Facebook telah berada di rangking kelima sebagai situs yang paling banyak diakses di Indonesia. Indonesia menjadi Negara Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan Facebook tercepat. Bahkan Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum mulai tahun 2006 ini.

Penemu facebook adalah Mark Zuckerberg, yang pada usia 23 tahun tercatat sebagai miliarder termuda sepanjang sejarah yang menghasilkan kekayaan dengan usahanya sendiri. Zuckerberg ada di urutan 785 dalam daftar orang – orang terkaya di dunia. Mark Zuckerberg memulai facebook pada tanggal 4 Pebruari 2004 dari ruang kamarnya di Havard . Penemu Facebook ini mulai memantapkan langkahnya di bisnis situs jejaring sosial. Facebook meruapakan media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Havard. Bahkan dua temannya untuk membantu dalam pengembangan Facebook dan memenuhi permintaan kampus – kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan, semenjak diluncurkan Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya.Pada September 2005 Facebook tak lagi membatasi anggotanya hanya dari kalangan mahasiwa saja, namun Facebook juga membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Dan selanjutnya Facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada september 2006 membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat email. Hal yang terakhir inilah yang kemudian membuat orang – orang di pelosok bumi demam Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar